Rabu, 11 November 2015

ETIKA MENGIRIM EMAIL

Perkenalkan diri anda.
Sebelum berbicara jauh sebaiknya anda memperkenalkan diri anda kepada orang yang mungkin sebelumnya belum pernah berhubungan. Orang lain akan memperhatikan anda apabila anda telah mengenalkan diri, terutama saat melakukan survey atau orang yang anda ketahui melalui database.
2.Perhatikan Ejaan.
Memang penting untuk menggunakan spelling ceck, terutama untuk korespondensi resmi yang anda kirim melalui Smartphone anda. Perhatikan untuk fitur auto correct berjalan sempurna bukan menjadi penghancur pada email resmi anda.
3.Gunakan Fitur replay all agar efisien.
Gunakan fitur reply all untuk sebuah email jika diperlukan, jika untuk seseorang maka tak perlu dipergunakan fitur tersebut.
4. Gunakan BCC.
JIka mengirimkan email umum kebeberapa alamat yang tidak ingin saling diketahui. Sehingga terjamin akan kerahasiaan akan tujuan surat tersebut.
5.Perhatikan Kapasitas Kiriman.
Sering orang telah mengirimkan email namun setelah ditanya ternyata dijawab belum sampai. Ini dikarenakan beberapa penerima memiliki kuota batasan dalam inbox mereka, apabila file terlalu berat maka akan sulit masuknya. Usahakan sewajarnya dalam pengiriman file.
6.Jangan Menyingkat.
Gunakan bahasa sederhana dan langsung keinti pembicara tanpa menyingkat beberapa kalimat dalam email anda secara berulang ulang seolah anda mengirimkan secara asal asalan. Bahwa anda membatasi untuk baris itu masih diperkenankan.
7.Format Huruf.
Penggunaan besar kecil tulisan serta tebal tipis menyiratkan emosi yang terkandung, penggunaan huruf besar semua akan mengartikan anda marah. Juga penggunaan garis bawah. Gunakan jenis font yang standart dan hanya satu warna tulisan.
8.Intonasi.
Memang intonasi jadi perhatian dalam penulisan email, sebuah email dapat memberikan efek melalui kata kata bisa terdengar bersahabat hangat maupun marah. USahakan menulis dalam keadaan hati tenang karena sebuah emosi sangat berpengaruh besar ke dalam tulisan anda.
9.Meneruskan Email.
Perhatikan semua saat anda akan memneruskan sebuah email, jika ada beberapa hal atau tulisan yang tidak perlu dapat anda buangnya dan mengecek ulang agar pembaca bisa nyaman saat membacanya.
10.Pastikan Alamatnya.
Langkah terakhir yang perlu dicermati sebelum mengirim email adalah pastikan alamat dengan benar karena beberapa kasus salah kirim karena alamat hampir mirip dengan alamat lainya. Disaat terburu jangan lupa memperhatikan alamat dengan teliti karena kita tidak mau email penawaran kita salah alamat kan

 Sumber : http://gitarja.com/?p=191

Tidak ada komentar:

Posting Komentar