Perkenalkan diri anda.
Sebelum berbicara jauh sebaiknya anda memperkenalkan diri anda kepada
orang yang mungkin sebelumnya belum pernah berhubungan. Orang lain akan
memperhatikan anda apabila anda telah mengenalkan diri, terutama saat
melakukan survey atau orang yang anda ketahui melalui database.
2.Perhatikan Ejaan.
Memang penting untuk menggunakan spelling ceck, terutama untuk
korespondensi resmi yang anda kirim melalui Smartphone anda. Perhatikan
untuk fitur auto correct berjalan sempurna bukan menjadi penghancur pada
email resmi anda.
3.Gunakan Fitur replay all agar efisien.
Gunakan fitur reply all untuk sebuah email jika diperlukan, jika untuk seseorang maka tak perlu dipergunakan fitur tersebut.
4. Gunakan BCC.
JIka mengirimkan email umum kebeberapa alamat yang tidak ingin saling
diketahui. Sehingga terjamin akan kerahasiaan akan tujuan surat
tersebut.
5.Perhatikan Kapasitas Kiriman.
Sering orang telah mengirimkan email namun setelah ditanya ternyata
dijawab belum sampai. Ini dikarenakan beberapa penerima memiliki kuota
batasan dalam inbox mereka, apabila file terlalu berat maka akan sulit
masuknya. Usahakan sewajarnya dalam pengiriman file.
6.Jangan Menyingkat.
Gunakan bahasa sederhana dan langsung keinti pembicara tanpa menyingkat
beberapa kalimat dalam email anda secara berulang ulang seolah anda
mengirimkan secara asal asalan. Bahwa anda membatasi untuk baris itu
masih diperkenankan.
7.Format Huruf.
Penggunaan besar kecil tulisan serta tebal tipis menyiratkan emosi yang
terkandung, penggunaan huruf besar semua akan mengartikan anda marah.
Juga penggunaan garis bawah. Gunakan jenis font yang standart dan hanya
satu warna tulisan.
8.Intonasi.
Memang intonasi jadi perhatian dalam penulisan email, sebuah email dapat
memberikan efek melalui kata kata bisa terdengar bersahabat hangat
maupun marah. USahakan menulis dalam keadaan hati tenang karena sebuah
emosi sangat berpengaruh besar ke dalam tulisan anda.
9.Meneruskan Email.
Perhatikan semua saat anda akan memneruskan sebuah email, jika ada
beberapa hal atau tulisan yang tidak perlu dapat anda buangnya dan
mengecek ulang agar pembaca bisa nyaman saat membacanya.
10.Pastikan Alamatnya.
Langkah terakhir yang perlu dicermati sebelum mengirim email adalah
pastikan alamat dengan benar karena beberapa kasus salah kirim karena
alamat hampir mirip dengan alamat lainya. Disaat terburu jangan lupa
memperhatikan alamat dengan teliti karena kita tidak mau email penawaran
kita salah alamat kan
Sumber : http://gitarja.com/?p=191
Tidak ada komentar:
Posting Komentar