Rabu, 11 November 2015

pengertian spam dan cara mengatasinya

Pengertian Spam atau junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk

menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para

pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam surat elektronik, spam

instant messaging, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine

spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.

Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh

penerimanya. Beberapa contoh lain dari spam ini bisa berupa surat elektronik berisi iklan, sms pada

telepon genggam, berita yang masuk dalam suatu forum newsgroup berisi promosi barang yang

tidak terkait dengan aktifitas newsgroup tersebut, spamdexing yang mendominir suatu mesin

pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, ataupun bisa berupa

berita yang tak berguna dan masuk dalam suatu blog, buku tamu situs web, dan lain-lain.

Spam dikirimkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak

memerlukan mailing list untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Sebagai

akibatnya banyak fihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (penyelenggara

layanan Internet atau Internet service provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman.

Karena biasanya sangat mengganggu dan kadang-kadang membohongi, berita spam termasuk dalam

kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan kriminal yang bisa ditindak melalui undang-

undang Internet.

Adapun hal-hal lain yang dapat membantu mengurangi SPAM adalah :

1. Jika mungkin, gunakan e-mail lain (selain e-mail untuk bisnis) sewaktu berkorespondensi untuk

hal-hal di luar bisnis, misalnya mailing list. Banyak penyebar SPAM yang menggunakan alamat dari

mailing list untuk melancarkan aksinya.

2. Aktifkan anti-virus dan personal Firewall pada PC. Kebanyakan SPAM pada saat ini yang

mengandung virus atau Trojan yang dapat menggangu sistem pada PC dan jaringan. Biasanya,

program Trojan tadi digunakan untuk menyebarkan e-mail SPAM ke alamat lain yang tercantum

pada address book.

3. Aktifkan anti-relay atau non aktifkan relay sistem pada server e-mail. Cara ini untuk memastikan

bahwa e-mail server kita tidak dijadikan sasaran untuk tempat transit e-mail SPAM. Untuk

mengetahui apakah mail server kita menerima relay dapat dicek melalui www.abuse.net/relay

4. Gunakan fitur dalam program e-mail yang dapat mengelompokkan e-mail. Program e-mail seperti

Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird dapat mengelompokkan e-mail seperti

mengelompokkan e-mail dari internal, dari rekanan dan sebagainya. Dengan pengelompokan ini,

walau tidak mengurangi SPAM sama sekali, kita dapat melakukan prioritas dalam membaca e-mail,

dan e-mail yang penting tersebut tidak tercampur baur dengan SPAM e-mail.

Spam itu adalah pesan yang di kirim ke banyak tujuan dengan isi yang sama dan di kirim ke orang

lain yang tidak ingin menerimanya dengan kata lain orang yang di kirimi spam tidak tahu siapakah

pengirim pesan tersebut dan tidak merasa menginginkan berita tersebut ataupun tidak merasa

meminta informasi yang ada di dalam berita itu.

Bagaimanakah spamer mendapatkan targetnya untuk dikirmi spam?????

Biasanya spam mengambil daftar email yang akan dia kirimi dari sebuah mailing list, atau juga

dengan mencari dari sebuah alamat website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar