Pengertian Spam atau junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk
menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para
pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam surat elektronik, spam
instant messaging, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine
spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.
Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh
penerimanya. Beberapa contoh lain dari spam ini bisa berupa surat elektronik berisi iklan, sms pada
telepon genggam, berita yang masuk dalam suatu forum newsgroup berisi promosi barang yang
tidak terkait dengan aktifitas newsgroup tersebut, spamdexing yang mendominir suatu mesin
pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, ataupun bisa berupa
berita yang tak berguna dan masuk dalam suatu blog, buku tamu situs web, dan lain-lain.
Spam dikirimkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak
memerlukan mailing list untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Sebagai
akibatnya banyak fihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (penyelenggara
layanan Internet atau Internet service provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman.
Karena biasanya sangat mengganggu dan kadang-kadang membohongi, berita spam termasuk dalam
kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan kriminal yang bisa ditindak melalui undang-
undang Internet.
Adapun hal-hal lain yang dapat membantu mengurangi SPAM adalah :
1. Jika mungkin, gunakan e-mail lain (selain e-mail untuk bisnis) sewaktu berkorespondensi untuk
hal-hal di luar bisnis, misalnya mailing list. Banyak penyebar SPAM yang menggunakan alamat dari
mailing list untuk melancarkan aksinya.
2. Aktifkan anti-virus dan personal Firewall pada PC. Kebanyakan SPAM pada saat ini yang
mengandung virus atau Trojan yang dapat menggangu sistem pada PC dan jaringan. Biasanya,
program Trojan tadi digunakan untuk menyebarkan e-mail SPAM ke alamat lain yang tercantum
pada address book.
3. Aktifkan anti-relay atau non aktifkan relay sistem pada server e-mail. Cara ini untuk memastikan
bahwa e-mail server kita tidak dijadikan sasaran untuk tempat transit e-mail SPAM. Untuk
mengetahui apakah mail server kita menerima relay dapat dicek melalui www.abuse.net/relay
4. Gunakan fitur dalam program e-mail yang dapat mengelompokkan e-mail. Program e-mail seperti
Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird dapat mengelompokkan e-mail seperti
mengelompokkan e-mail dari internal, dari rekanan dan sebagainya. Dengan pengelompokan ini,
walau tidak mengurangi SPAM sama sekali, kita dapat melakukan prioritas dalam membaca e-mail,
dan e-mail yang penting tersebut tidak tercampur baur dengan SPAM e-mail.
Spam itu adalah pesan yang di kirim ke banyak tujuan dengan isi yang sama dan di kirim ke orang
lain yang tidak ingin menerimanya dengan kata lain orang yang di kirimi spam tidak tahu siapakah
pengirim pesan tersebut dan tidak merasa menginginkan berita tersebut ataupun tidak merasa
meminta informasi yang ada di dalam berita itu.
Bagaimanakah spamer mendapatkan targetnya untuk dikirmi spam?????
Biasanya spam mengambil daftar email yang akan dia kirimi dari sebuah mailing list, atau juga
dengan mencari dari sebuah alamat website.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar