Selasa, 27 November 2018

PJOK Bab 10

BAB IX
RENANG
Bermain air sangat menyenangkan. Kali ini kita akan belajar berenang. Belajar berenang sambil bermain sangat menyenangkan. Bisakah kamu membuat gelembung udara? Beranikah kamu memasukkan wajahmu ke dalam air? Beranikah kamu memasukkan seluruh badanmu ke dalam air?
Pengenalan Air
Berkeliling di Pinggir Kolam
Ayo, berbarislah di pinggir kolam. kita akan berkeliling di pinggir kolam Setelah satu putaran, masuklah ke dalam kolam melalui tangga.
Berkeliling di Dalam Kolam
Sekarang berbarislah di dalam kolam dangkal. Kita akan berjalan di dalam air, berjalan mengelilingi kolam yang dangkal. Setelah satu putaran, cobalah berlari. Lakukan berlari melewati air dengan perlahan, lalu lebih cepat ... cepat ... dan lebih cepat.
Berbarislah secara berpasangan. Sekarang saatnya berlari dan mengejar pasangan. Setelah suara peluit berbunyi, berlarilah dengan cepat. Pasangan yang berbaris di belakang harus cepat mengejar pasangannya. Lakukan secara bergantian.
Gerak Dasar Renang
1.  Pernapasan
Bagaimana caranya membuat gelembung udara? Awali dengan mengambil napas dalam-dalam. Ambil napas melalui mulut. Lalu, bungkukkan badan dan masukkan kepala ke dalam air. Tiupkan udara dalam air sampai habis.
Ayo, berjajarlah di dalam kolam. Lalu, berpegangan pada dinding kolam. Lakukan latihan bernapas di dalam air. Ambil napas dalamdalam melalui mulut. Lalu, masukkan kepala ke dalam air. Tiupkan udara sampai habis di dalam air. Lakukanlah secara berulang-ulang.
2.  Gerakan Kaki
Injak-injak air Duduklah berjajar di pinggir kolam. Injakkan kaki ke dalam air secara bergantian. Pertama, injakkan telapak kaki kanan, lalu ikuti dengan kaki kiri. Lakukanlah secara berulang-ulang
Kaki naik turun Duduklah di pinggir kolam. Masukkan kedua kaki ke dalam kolam. Luruskan kedua belah kaki, dari pangkal paha sampai ujung jari kaki. Lakukanlah gerakan naik turun. Gerakan dimulai dari pangkal paha. Gerakan harus lurus dan lutut tidak ditekuk.
Lanjutkan gerakan dengan mengubah posisi tubuh. Telungkupkan badan di pinggir kolam. Posisi kaki masuk ke dalam kolam. Gerakkan kakimu naik turun. Lakukanlah secara berulang-ulang.
Latihan Keseimbangan
1.  Jongkok Berdiri
Ambil sikap berdiri tegak. Kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Kemudian, berjongkoklah di dalam air, lalu berdirilah kembali. Lakukan gerakan jongkok dan berdiri dengan cepat. Lakukanlah secara berulang-ulang.
2.  Mengapung
Berdirilah dengan tegak, lalu lakukan posisi berjongkok. Setelah seluruh badan masuk ke dalam air, lanjutkan dengan meluruskan kedua kaki ke belakang. Akhirnya, posisi tubuh menjadi lurus dan mengapung. Tahanlah posisi tersebut beberapa saat.
Kemudian, berdiri kembali dengan tegak, lalu lakukan posisi berjongkok. Tekuk lutut dan silangkan kedua tangan di depan lutut sampai berkaitan. Tahan beberapa saat, lalu luruskan kedua kaki ke belakang. Bersamaan dengan itu, luruskan pula kedua tangan ke depan. Biarkan tubuh mengapung dengan rileks.
Keseimbangan di Kolam Renang
Berenang sangat menyenangkan. Akan tetapi, harus dilakukan dengan hati-hati. Lantai di sekitar kolam sangat licin. Oleh karena itu, jangan berlari-lari, lebih baik berjalan. Perhatikan arah jalanmu.
Perhatikan kedalaman kolam renang. Jika belum begitu mahir berenang, berenanglah di kolam dangkal. Tapi, jika sudah mahir, kalian bisa berenang di kolam yang lebih dalam.
Pelampung bisa membantu tetap mengapung. Pelampung digunakan sebagai alat bantu untuk berlatih renang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar