Selasa, 27 November 2018

PJOK Bab 7

SIKAP TUBUH
Melompat dan meloncat sangat menyenangkan. Bagaimana jika dilakukan dengan rintangan? Pasti lebih menantang, bukan? Bisakah kamu melompati ban-ban yang dipasang berjajar. Ayo, kita coba melewatinya dengan cara melompat, hap .. hap .. hap .. hap ..
Melompat dan Berputar
Gerak Melompat di Tempat sambil Beputar
Berdirilah dengan tegak dan kaki dibuka selebar bahu. Pandangan lurus ke depan. Kedua tangan simpan di samping badan. Ayo, melompatlah dua kali. Ketika lompatan ketiga, putarlah badanmu ke kiri. Ayo, melompatlah lagi dua kali. Kemudian, putarlah badanmu ke kanan saat lompatan ketiga.
Melompati Rintangan
Melompati Garis
Ambil kapur dan buatlah garis yang lurus. Lompati garis  tersebut dengan cara melompat, hap ... hap ... hap ...
Melompati Tali
Dua orang anak menarik kedua ujung tali sehingga terentang. Anak-anak yang lain berbaris menjadi satu barisan. Kemudian, satu per satu melompati tali secara bergantian Ketinggian tali diatur sedemikian rupa. Tahap pertama, ketinggian tali jangan terlalu tinggi. Tahap berikutnya, ketinggian tali dibuat lebih tinggi lagi.
Melompati Kotak
Perhatikan kotak di hadapanmu. Lompati kotak dengan hati-hati dan jangan sampai terjatuh. Perhatikan contoh yang diperagakan oleh gurumu.
Melompati kotak dapat dilakukan ke arah depan. Melompati kotak dapat dilakukan ke samping kiri. Melompati kotak dapat dilakukan ke samping kanan.
Sekarang lakukan lompatan pada beberapa kotak. Kotak-kotak akan disimpan berjajar ke depan. Tiap kotak diberi jarak satu meter, lompat ... lompat ... lompat ... Ayo, lakukan bergantian secara berulang-ulang.
Berguling
1.  Berguling ke Depan
Mulailah dengan awalan berjalan. Kemudian, berjongkoklah di atas matras. Kedua kaki rapat dan lutut dekatkan ke dada. Kedua tangan menumpu di atas matras, lalu bengkokkan kedua sikut tangan. Tengkuk ditempelkan di matras. Lanjutkan dengan gerakan mengguling ke depan dan kembalilah ke posisi jongkok seperti awal.
2.  Berguling ke Belakang
Gerakan berguling ke belakang biasanya disebut gerakan roll belakang. Lutut ditekuk dengan rapat dan kedua kaki jinjit. Dagu didekatkan ke arah dada. Kedua tangan dilipat dan telapak tangan sejajar di atas bahu. Mulai gerakan berguling ke belakang dengan cara menggelinding. Gerakan diakhiri dengan kembali ke posisi berjongkok. Lakukan latihan berguling ke belakang berulang-ulang sampai kalian mahir melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar