Selasa, 04 Desember 2018

IPS Bab 3

MATERI 3: PERISTIWA PENTING DALAM KELUARGA
SK: Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
KD: Memahami dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
Keluarga adalah ikatan kekerabatan yang tersiri dari ayah, ibu, dan anak. Kadang-kadang didalam keluarga ada kakek dan nenek serta pembantu. Di dalam sebuah keluarga tentu pernah mengalami peristiwa. Peristiwa adalah kejadian yang pernah terjadi di masa lampau. Peristiwa ada yang menyenangkan ada pula yang menyedihkan.
A.    Peristiwa Menyenangkan.
Peristiwa menyenangkan adalah peristiwa yang membuat kita tertawa. Peristiwa menyenangkan itu antara lain sebagai berikut.
1.      Peristiwa lahirnya seorang anggota keluarga.
2.      Pesta pernikahan.
3.      Peristiwa khitanan.
4.      Merayakan hari ulang tahun.
Ada sebagian keluarga yang selalu merayakan hari ulang tahun dari anggota keluarganya. Tidak merayakan ulang tahun tidak menjadi masalah. Ulang tahun tidak harus selalu dirayakan. Yang wajib kita lakukan setiap kita ulang tahun adalah bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberi umur sampai sekarang. Kita juga harus selalu berdoa semoga umur yang diberikan kepada kita selalu kita gunakan untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat.
5.      Merayakan hari raya/lebaran.
Umat Islam selalu merayakan hari raya Idul Fitri. Setiap setahu sekali hari raya itu dirayakan. Setelah sebulan sebelumnya berpuasa satu bulan penuh. Setelah sebulan penuh kita berpuasa, esok harinya umat islam menunaikan shalat Id. Suasananya sangat meriah. Dimana-mana dikumandangkan takbir dan tahmid.
Di hari raya itu semua saling bermaafan. Sanak saudara semua berkumpul di rumah orang tuanya, baik yang dekat maupun yang jauh. Mereka yang jauh dari orang tuanya menyempatka untuk pulang, guna berkumpul dengan sanak keluarga. Semua menyambut hari lebaran dngan gembira.
Di jawa ada adat sungkeman setiap hari raya Idul Fitri. Sungkeman adalah acara saling memaafkan dimulai dari anak minta maaf kepada orang tuanya. Sungkeman dimulai dari yang tertua kemudian menyusul anak yang lebih muda. Biasanya orang tua memberi uang kepada anak-anak. Nenek memberi uang kepada cucu-cucu mereka. Berkumpulnya sanak keluarga ada kalanya juga diabadikan.
6.      Peristiwa wisuda.

B.     Peristiwa Menyedihkan.
1.      Nilai di Rapor yang jelek.
2.      Sakit.
3.      Terjatuh dari sepeda.
4.      Uang saku hilang.

C.    Urutan Peristiwa Penting dalam Keluarga.
Setiap keluarga mengalami peristiwa penting. Peristiwa penting dalam keluarga dimulai dari pernikahan. Peristiwa pernikahan ada yang meriah, ada juga yang sederhana. Setelah pernikahan, maka muncullah keluarga baru. Biasanya keluarga baru tersebut kemudian mempunya anak. Peristiwa kelahiran juga merupakan peristiwa yang menyenangkan.
Urutan kejadian dalam keluarga adalah sebagai berikut:
Pernikahan        Ibu hamil          Anak lahir           Anak usia balita          masuk sekolah TK            masuk SD          Dikhitan           Adik belajar
Setiap peristiwa melalui bebrapa urutan kejadian. Contohya peristiwa pernikahan. Urutan pertama keluarga lelaki melamar gadis. Urutan kedua lamaran diterima. Kedua belah pihak menentukan hari dan tanggal pernikahan. Pesta pernikahan dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar