Selasa, 04 Desember 2018

IPS Bab 6


 
BAB 6 KERJA SAMA DI LINGKUNGAN TETANGGA
A.    Mengenal tetangga
              Tetangga adalah orang yang tinggal disekitar rumah kita. Tetangga bisa tinggal disebelah kanan, kiri, belakang, dan depan. Tetangga adalah orang yang terdekat dengan kita setelah keluarga.
              Dikota, warga yang tinggal disuatu kompleks atau suatu RT termasuk tetangga. Didesa, warga yang tinggal satu duku termasuk tetangga. Kita harus mengenal tetangga kita dengan baik. Misalnya, ketua RT pasti mengenal semua tetangganya.

B.     Mengenal Kerja Sama
              Kerja sama adalah melakukan tindakan bersama orang lain. Kita bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Misalnya, gotong royong. Kerja sama memiliki dua syarat agar bisa berhasil dengan baik yaitu sukareladan saling menguntungkan
a.       Sukarela
      Kerja sama yang baik harus berdasarkan sukarela. Sukarela artinya mau melaksanakan sesuatu tanpa harus dipaksa. Suatu kerja sama tidak baik hasilnya kalaudipaksa. Orang yang terpaksa, kerjanya akan ogah-ogahan, ia tidak akan melakukan tugasnya dengan maksimal. Contohnya, jika seorang anak malas membereskan kamar, maka ia akan malas ataupun membersihkan dengan sekadarnya.
      Karena itu, jika mau mengajak orang kerja sama, ajaklah dengan baik. Katakan kalau kamu membutuhkan bantuan mereka. Katakan kalau kamu sangat berterima kasih atas bantuan mereka. Kalau temanmu terlalu lelah, jangan memaksa mereka dan hargai keputusan mereka.
b.      Saling menguntungkan
      Kerja sama yang baik itu saling menguntungkan. Tidak boleh ada yang merasa dirugikan. Misalnya, suatu kerja kelompok. Semua anggota kelompok harus mendapatkan bagian pekerjaan ytang sama rata dan sebaiknya tidak ada yang lebih berat ataupun lebih ringan. Kerja sama tidak akan berhasil kalau ada yang merasa dirugikan. Kalau kamu bekerja, tetapi teman sekelompokmu tidak bekerja, maka kamu pasti akan kesal dengan teman kelompokmu itu. Pembagian kerja seperti ini tidak adil, merasa sakit hati dan dirugikan.
      Nantinya, kamu tidak mau bekerja dengan mereka lagi. Karena itu, kerja sama harus saling menguntungkan. Kalau kerja sama itu tidak menguntungkan, maka mereka tidak mau bekerja sama dengan kita.

C.     Bekerja Sama dengan Tetangga
        Tetangga itu sangat penting. Karena tetangga adalah orang yang terdekat dengan kita setelah keluarga. Tetapi ada juga tetangga yang tidak mau bekerja sama dengan tetangga lain.

D.    Bentuk Kerja Sama
Ada beberapa bentuk kerja sama yang biasa dilakukan bersama tetangga yaitu :
a.       Membantu Tetangga
         Suatu hari Bagus harus segera pergi les bahasa inggris. Tapi, ibunya belum pulang dari pasar. Kalau Bagus menunggu ibunya pulang, maka ia akan terlambat ketempat les.
         Untung saja Bagus mengingat kata ibunya kalau ibu belum pulang, Nila bias menitip kunci dirumah Bu Ana. Bu Ana tinggal disebelah rumah Nila. Sekarang Nila mengerti, ia menitip kunci pada Bu Ana. Karena keluarga Bu Ana amat baik, mereka mau dititipi kunci. Pada saat ibu nanti pulang, ibu tinggal mengambil kunci rumah dirumah Bu Ana.
         Dan beberapa hari kemudian, Bu Ana bertemu Bagus didepan rumah. Bagus melihat Bu Ana sedang kebingungan. Ternyata kucingnya tidak bias turun dari pohon. Maka Bagus memanjat pohondan mengambilkan kucing Bu Ana. Bu Ana sangat berterima kasih. Sesama tetangga memang harus saling membantu.
         Itulah gunanya tetangga. Sesama tetangga harus saling menolong. Jika kita berbuat baik pada tetangga hari ini. Maka suatu saat kita juga akan dibantu.
b.      Gotong Royong
         Pak Ibrahim, Pak Martinus, dan Pak Gunawan hidup bertetangga. Mereka tinggal di RT 8 Kelurahan  Sejahtera. Warga RT 8 terdiri dari berbagai suku bangsa. Pak Ibrahim adalah warga keturunan Arab. Pak Martinus adalah orang Manado. Pak Gunawan adalah orang Jawa. Mereka semua hidup rukun dan saling membantu.
         Pak Sahrul adalah ketua RT 8. Setiap bulan warga RT 8 menyelenggarakan pertemuan. Bulan ini, warga membicarakan tentang pembangunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar