Sabtu, 01 Desember 2018

PJOK Bab 5

BAB V
BUDAYA HIDUP SEHAT
Kebersihan tubuh harus selalu dijaga kebersihan tubuh menunjukkan ciri anak yang sehat mandi harus dilakukan secara rutin rambut harus selalu dibersihkan supaya bisa mendengar dengan baik telinga harus selalu bersih supaya bisa menghirup udara yang segar hidung harus selalu bersih.
Kebersihan tubuh harus selalu dijaga dari kepala sampai ujung kaki tubuh yang bersih pasti terlihat segar kebersihan tubuh sangat penting untuk kesehatan bagaimanakah menjaga kebersihan tubuh itu tubuh harus selalu dibersihkan dengan mandi setiap hari seluruh bagian tubuh harus dibersihkan saat mandi gunakan sabun mandi untuk membersihkan kulit rambut dicuci dengan sampo gigi digosok dengan sikat gigi dan pasta gigi tubuh menjadi segar dan harum.
Merawat Kebersihan Rambut
Kebersihan rambut harus selalu dijaga bagaimanakah cara merawat kebersihan rambut rambut harus dibersihkan secara teratur rambut di kepala dicuci dengan sampo.
Biasakan mencuci rambut dua hari sekali rambut yang panjang harus dirapikan bisa dengan cara dipangkas atau dipotong rambut juga harus disisir dengan rapi rambut yang rapi enak dipandang.
Merawat Kebersihan Hidung
Hidung merupakan alat indra penciuman hidung, merupakan alat indra yang penting untuk manusia hidung digunakan untuk menghirup udara hidung juga digunakan untuk mencium bau bauan hidung harus selalu bersih supaya bisa berfungsi dengan baik supaya bisa bernapas dengan leluasa ketika mandi bersihkanlah hidungmu keluarkan kotoran yang ada di dalamnya.
Jika sedang demam atau flu hidung tidak dapat berfungsi dengan sempurna hal itu dikarenakan ada lendir sehinggamenghambat udara yang dihirup biasanya kamu jadi sering bersin dan hidung terasa gatal, tutup hidungmu dengan sapu tangan supaya kuman tidak menyebar kamu harus segera minum obat dan beristirahat.
Merawat Kebersihan Telinga
Telinga merupakan alat indra pendengaran, manusia mempunyai dua telinga di samping kepala telinga sangat penting untuk manusia telinga berfungsi untuk mendengar bunyi bunyian, telinga digunakan untuk mendengar suara, telinga harus selalu bersih. elinga yang bersih bisa berfungsi dengan baik telinga yang bersih bisa mendengar suara yang merdu telinga dapat dibersihkan ketika mandi terutama bagian daun telinga.
Jangan memasukkan benda keras ke dalam lubang telinga benda keras dapat merusak telinga sehingga pendengaran menjadi terganggu. Suara suara yang bising dan gaduh bisa membuat telinga terganggu suara yang keras tidak enak didengar oleh karena itu hindari suara suara yang bising supaya gendang tidak pecah.
Memilih Makanan Bergizi
Tahukah kamu mengapa perlu makan setiap hari supaya tubuhmu tumbuh dengan baik kamu perlu makan setiap hari supaya tubuhmu bisa bergerak kamu perlu energi energi itu dihasilkan dari makanan yang diolah tubuh.
Makanan yang dimakan setiap hari haruslah makanan yang bergizi haruslah makanan yang sehat makanan yang bergizi mengandung zat zat gizi yang seimbang karbohidrat protein lemak vitamin garam mineral dan air makanan yang sehat.
Tidak perlu mahal yang penting memenuhi kebutuhan tubuh seperti nasi lauk pauk sayuran buah buahan dan susu sebagai pelengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar