Sabtu, 01 Desember 2018

PJOK Bab 3

BAB III
SENAM KETANGKASAN
Pernahkan kamu memperhatikan seorang pesenam pesenam mampu melakukan gerakan akrobatik pada saat melakukan gerakan melompat dan berguling gerakannya sangat lentur dan lincah ayo pelajari senam dengan sungguh sungguh supaya kamu bisa selincah dan selentur para pesenam itu.
Melompat dan Meloncat
Melompat
Melompat lompat di tempat sikap tubuh berdiri tegak pandangan lurus ke depan kedua tangan di samping badan melompat dengan tumpuan satu kaki dan mendarat secepat mungkin dengan dua kaki.
Melompat ke berbagai arah awali dengan melompat di tempat lakukan tiga kali lompatan di tempat lalu melompatlah ke depan ikuti dengan lompatan ke belakang lakukan lagi tiga lompatan di tempat lalu melompat ke samping kiri ikuti dengan lompatan ke samping kanan.
Meloncat
Gerakan meloncat sikap tubuh berdiri tegak pandangan lurus ke depan kedua tangan di samping badan meloncat bisa dilakukan dengan mengangkat kedua kaki bersamaan tumpuan pada saat meloncat adalah kedua kaki.
Berguling ke Depan
Gerakan berguling dilakukan di atas matras berguling ke depan biasanya disebut roll depan gerakan ini seperti bola yang menggelinding tubuh harus rileks dan tidak kaku gerakan berguling ke depan mulai dengan berjongkok di atas matras kedua kaki rapat lutut dekatkan ke dada kedua tangan menumpu di atas matras bengkokkan kedua sikut tangan tengkuk menempel di matras lanjutkan dengan gerakan mengguling ke depan kembali lagi ke posisi jongkok.



RANGKUMAN
Melompat dilakukan dengan bertumpu pada satu kaki melompat dapat dilakukan ke depan ke belakang dan ke samping meloncat dilakukan dengan bertumpu pada kedua kaki meloncat dapat dilakukan ke depan ke belakang dan ke samping gerakan mengguling harus dilakukan di atas matras gerakan mengguling dapat dilakukan ke arah depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar