Sabtu, 01 Desember 2018

PJOK Bab 1

BAB 1
GERAK DASAR
Setiap hari kamu mempraktikkan berbagai gerak dasar seperti berjalan berlari dan melompat kali ini kita akan belajar memvariasikan berbagai gerak dasar tadi dalam permainan salah satunya adalah bermain sepak bola pasti kalian akan menyukainya.
Berjalan Berlari dan Melompat
Berjalan
Gerakan berjalan sikap awal:
Berdiri tegak arahkan pandanganmu lurus ke depan langkahkan kaki dengan mantap kaki kanan lalu kaki kiri kaki kanan lagi lalu kaki kiri buat langkah yang mantap.
Sekarang lakukan gerakan berjalan ke berbagai arah langkahkan kaki ke depan langkahkan kaki ke belakang langkahkan kaki ke samping kanan langkahkan kaki ke samping kiri.
Berlari
Berlari bersama kita akan berlari mengelilingi lapangan olahraga jangan berdesak desakkan buat barisan dengan rapi berlarilah dengan perlahan lalu berlarilah dengan cepat.
Berlari melewati rintangan kali ini kita akan berlari melewati rintangan gurumu akan memasang rintangan dalam bentuk zig zag lewati semua rintangan sampai ke garis finish.
Berlari sambil memindahkan bola pindahkan bola dari titik awal ke titik akhir pindahkan semua bola yang ada ayo berlari dengan cepat jangan lupa perhatikan jalur larimu.
Melompat
Gerakan melompat dilakukan dengan cara mengangkat kaki ke atas dengan bertumpu pada satu kaki. Melompat ke depan melompat ke belakang melompat ke samping kanan melompat ke samping kiri.
Gerakan meloncat dilakukan dengan cara mengangkat kedua kaki bersama sama tumpuan untuk meloncat adalah kedua kaki.
Meloncat ke depan meloncat ke belakang meloncat ke samping kanan meloncat ke samping kiri.
Meloncat melewati rintangan, Pertama cobalah untuk melompati garis buatlah sebuah garis lurus dengan kapur di atas lantai berbarislah dengan teratur lompati garis bergantian. Kedua cobalah untuk meloncati rintangan ban bekas (lingkaran) lompati satu per satu dengan teratur. Ketiga melompat melewati tali pegangi kedua ujung tali oleh dua orang anak buatlah ketinggian yang sedang awali gerakan melompat dengan berjalan lalu berlari hap lompati talinya.
Rangkaian Gerak Berjalan Berlari dan Melompat
Berjalan ke depan tiga langkah lalu berlari sejauh lima meter dan akhiri dengan melompat ke depan.
Berjalan ke depan lima langkah lalu melompat di tempat tiga kali dan akhiri dengan berlari sampai garis akhir.
Berjalan ke depan tiga langkah lalu berlari sejauh lima meter dan akhiri dengan melompat melewati tali.
Berjalan ke depan tiga langkah lalu berlari sejauh lima meter dan akhiri dengan melompat melewati kotak.
Memutar Mengayun dan Menekuk Lutut
1. Memutar
Berdiri dengan tegak buka kaki selebar bahu kedua tangan di pinggang putar badan ke samping kanan putar badan ke samping kiri.
Berdiri dengan tegak buka kaki selebar bahu rentangkan kedua tangan ke samping putar badan ke samping kanan putar badan ke samping kiri.
Rentangkan kedua tangan ke samping buat putaran pada kedua pergelangan tangan putar ke depan putar ke belakang.
Rentangkan kedua tangan ke samping buat putaran besar dimulai dari persendian bahu putar ke depan putar ke belakang.


2. Mengayun
Buka kaki selebar bahu letakkan kedua tangan di depan badan ayunkan kedua tangan ke kanan ikuti dengan ayunan kedua tangan ke kiri.
Buka kaki selebar bahu letakkan kedua tangan di samping badan ayunkan tangan ke atas kepala ikuti dengan ayunan tangan ke bawah tarik sampai ke belakang lakukan berulang ulang.
3. Menekuk Lutut
Berdiri tegak kedua tangan lurus ke depan tekuk lutut dengan cara berjongkok perlahan lalu kembali pada posisi berdiri.
Coba menekuk lutut sambil berdiri angkat lutut dan tekuk ke arah depan angkat lutut dan tekuk ke arah belakang.
Melempar Menangkap Menendang dan Menggiring Bola
1. Lempar Tngkap Bola
Berpasangan saling berhadapan buat jarak lima langkah dari pasanganmu kali ini kalian akan berlatih lempar tangkap bola.
Lemparkan bola dengan kedua tanganmu lalu tangkap dengan kedua tanganmu lemparkan lagi dengan satu tangan tangkap kembali dengan dua tangan.
Lemparan bola ke atas lakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar